Breaking News
Home / KOMPUTER / Cara Kompres File Menggunakan Winrar
cara menggunakan winrar
cara menggunakan winrar

Cara Kompres File Menggunakan Winrar

Cara Kompres File Menggunakan Winrar. Perkembangan komputer  sangatlah cepat yang dapat membantu berbagai aspek kehidupan kita saat ini. Kamu bisa dengan mudah menjelajah internet seolah tidak ada batasan waktu, ruang dan jarak.

Salah satu hal yang sering dilakukan saat ini adalah proses kompres file. Proses ini memungkinkan kamu untuk mengurangi ukuran file yang besar menggunakan program atau software khusus, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Salah satu program yang populer untuk kompres file adalah WinRar.

WinRar sangat populer di Internet karena sangat berguna ketika melakukan kegiatan download dan upload. Alasannya adalah karena bisa menggabungkan banyak file dalam 1 wadah (setelah dikompres dengan winrar) dan tentu saja ukuran/ size file bisa menjadi lebih kecil. Perbandingan ukuran sebelum dan sesudah dikompres juga sangat terasa, dimana ukurannya bisa menjadi separuhnya atau lebih kecil lagi.

Selain itu kamu juga bisa memberikan password pada file kamu.

Oh ya, apakah kamu masih bingung bagaimana mengkompres file menggunakan WinRar? Caranya sangat mudah lho. Proses kompresi hanya berjalan sebentar, tentu saja bergantung pada ukuran file yang dikompres. Jika file yang dikompres berukuran besar, tentu prosesnya akan berjalan lebih lama dibandingkan file yang berukuran kecil yang akan lebih cepat prosesnya.

Berikut ini adalah cara kompres file menggunakan winrar :

  • Pertama, kamu downloada dulu dan install pada komputer kamu.
  • Selanjutnya, buka Windows Explorer dan arahkan ke file/folder yang ingin kamu kompres.
  • Setelah siap, klik kanan file / folder yang akan kamu kompres dengan WinRar.
  • Pilih sesuai kebutuhan. Dalam kasus ini, kami ingin mencontohkan untuk kepentingan menekan ukuran file/folder agar menjadi lebih kecil.
  • Akan ada beberapa opsi, namun kamu bisa memilih opsi add to archive..
  • Setelah klik/ pilih add to archive.. maka akan muncul sebuah jendela yang menawarkan beberapa pilihan. Diantaranya adalah compression methode yang bisa diatur sesuai kebutuhan kamu, yaitu pilihan store, fastest, fast, good dan best. Yang terbaik tentu saja best. Karena ukuran file hasil kompres nanti bisa menjadi sangat kecil.
  • Setelah selesai, klik OK dan proses pengompresan akan berjalan secara otomatis.
  • Setelah proses, selesai akan ada file berbentuk rar. Itulah hasil kompres file tadi.

Untuk jelasnya, silahkan anda lihat gambar dibawah ini yang kami berikan sebagai contoh.

Misalkan folder yang berisikan kumpulan mutiara hidup yang ada dalam hardisk. Ukuran awal adalah 8,48MB. Setelah dikompres nanti ukurannya akan jauh berkurang.

Klik kanan akan muncul pilihan seperti dibawah ini dan klik saja add to archive..Setelah itu, akan muncul jendela seperti dibawah ini :Untuk pilihan compression methodenya, silahkan sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan kamu. Dalam contoh ini kami pilih best.Jika sudah selesai setingnya, klik OK. Nanti jadinya akan seperti gambar dibawah ini :Bagaimana, hasilnya sangat mengagumkan bukan? dari ukuran awal 8,48 Mb setelah dikompres hanya tinggal berukuran 4,91 MB. Silahkan praktek sendiri semoga berhasil dan berguna untuk kamu.

About admin

Blog ini lahir 28 November 2017 yang dikelola oleh Admin tunggal. Misi ngeblog hanyalah mengisi waktu luang saja serta minat dan hobby dalam berinternet. Blog ini akan selalu menyajikan informasi seputar seputar Komputer, Tips dan Trik, Android, Internet, Internet Marketing, Bisnis Online dan Berita Terbaru Teknologi di Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *