Breaking News
Home / KOMPUTER / Panduan Merakit Personal Computer Secara Mudah
cara merakit personal computer

Panduan Merakit Personal Computer Secara Mudah

Sebelum merakit sebuah PC pastikan pertalatan yang dibutuhkan sudah tersedia, Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
Obeng, tang, AVO meter (bila ada), solder, timah solder, isolasi, tali pengikat kabel dan buki catatan. Solder maupun AVO meter jarang dipakai apabila mempergunakan komponen yang masih baik.

Pengukuran arus dan tegangan listrik hanya dilakukan apabila komponen yang dipergunakan adalah komponen bekas yang kamu tidak mengetahui apakah masih baik atau tidak. Sebaiknya tidak menggunakan AVO meter pada motherboard apabila motherboard masih baik, karena kamu tidak tahu titik-titik mana yang merupakan
titik ukur.

Kecerobohan dalam hal ini bisa menimbulkan akibat fatal. Apabila kamu mempergunakan komponen baru, kamu tidak perlu melakukan pengukuran arus dan tegangan dengan AVO meter. AVO meter mungkin perlu dipergunakan hanya untuk mengetahui tegangan listrik di jala-jala listrik rumah kamu saja. Bila kamu sudah mengetahui
lihatlah di bagian power suply komputer (terdapat di dalam cahing/kotak komputernya) apakah sudah diatur pada skala tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di tempat kamu atau belum.

Bila type power suply-nya tergolong type otomatik kamu tidak perlu khawatir. Apabila power suplynya tergolong semi otomatik, kemungkinan kamu harus memindahkan posisi saklar pengatur tegangan ke posisi tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di
tempat kamu.
Selanjutnya untuk merakit komputer personal kamu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Ambil motherboard dan letakkan di tempat yang aman. Persiapkanperalatan dan buku manual dari masing komponen PC. Bautmotherboard dengan papan casing, sehingga akan lebih kuat dan
motherboard
                     motherboard
  • Pasanglah processor pada tempatnya (soket-nya) perhatikantkamu pada processor harus ditempatkan sesuai dengan tkamuyang ada pada soket tersebut (tidak boleh terbalik). Kuncilahtangkai pengunci yang biasanya terdapat disisi soket processor.
    Perhatikan kode titik atau sisi processor dengan bentuk miring merupakan petunjuk agar bagian processor itu dipasang pada bagian slot yang memiliki tkamu sama.

Bacalah dengan baik manual processor dari pabriknya Apabila kamu kurang hati-hati atau terbalik memasang processor ini bisa berakibat fatal. Bila kamu ragu sebaiknya pada saat membeli motherboard bisa kamu tanyakan kepada penjualnya. Kemudian pasanglah kipas pendingin diatasnya. Pada produk processor terakhir sudah dilengkapi dengan kipas pendingin.

memasang processor
             memasang processor dan kipas
  • Pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik, perhatikansudut memori yang biasanya berlekuk harus ditempatkan padatempatnya secara hati-hati. Apabila kamu terbalik memasangnya,maka memori akan sulit dimasukan. Pada jenis memori SDRAM,dudukan memori di motherboard memiliki pengunci yang akanbergerak mengunci bersamaan dengan masuknya memori ke
Memasang RAm
           Memasang RAM
  • Masukan motherboard ke dalam cashing (kotak komputer),kaitkanlah pengait plastik yang biasa disediakan oleh pabrikcashing, ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard.

Pada sudut yang memungkinkan kamu tempatkan baut, bautlah motherboard tersebut pada cashing untuk menghindarkan terjadinya pergeseran motherboard pada waktu kamu memindahmindahkan CPU nantinya. Sebaiknya hati-hati memasang motherboard pada cashing karena bentuknya tipis kecil dan memiliki rangkaian elektronik yang rumit

MEmasukkan Motherboard
               Memasukkan Motherboard
  • Pasanglah kabel khusus catu daya motherboard yang ada padaprower suply (biasanya dituliskan P8 dan P9), kabel berwarnahitam dari kedua konektornya harus dipasang berdampingan.
    Apabila kamu mempergunakan jenis motherboard jenis ATX, pasanglah kabel power khusus tersebut pada slot power khusus ATX yang terdapat pada motherboard tersebut.
Memasang Kabel Motherboard
            Memasang Kabel Motherboard
  • Pasanglah hard disk, floppy drive pada tempat yang telah tersediadalam cashing CPU, kencangkan dudukannya dengan baut secarahati-hati. Bila ada CD ROM drive, pasangkan pula alat ini secarahati-hati dan dikencangkan dengan baut. Perlu diperhatikan untukCD-ROM dan hard disk jumper terpasang dengan benar, karenaakan mengindentifikasikan sebagai master atau slave, karena jikasalah hard disk atau CD-ROM tidak akan terdeteksi.
Memasang Drive
                 Memasang Drive
  • Sambungkan kabel dari power suply ke slot power yang terdapatdi hard disk, flopy drive dan CD ROM drive. Perhatikan sudut konektor plastiknya pada kabel tersebut biasanya sudah dirancangpas sesuai dengan dudukan yang terdapat pada hard disk, flopydrive atau CD ROM drive. Bila kamu memasang konektor initerbalik, maka pada saat kamu memasukan konektor tersebut akanterasa sedikit sulit. Segeralah cabut konektornya dan masukankembali pada posisi yang tepat.

memasang Kabel Drive

memasang Kabel Drive

  • Sambungkan kabel pita (kabel data) pada dudukan hard disk,flopy drive dan CD ROM drive. Kabel ini berfungsi untukmenghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. Perhatikansisi kabel berwarna merah harus ditempatkan pada kaki nomorsatu (lihat keterangan yang dituliskan pada hard disk atau flopydrive ataupun CD ROM drive).

Bila terbalik memasangnya komputer tidak akan bekerja baik dan dapat merusakan peralatanperalatan tersebut. Kabel yang terpasang ke flopy drive lebih sempit bila dibandingkan kabel penghubung hard disk ataupun CD ROM drive. Kabel penghubung hard disk dan CD ROM drive sama ukurannya. Untuk kabel Pita strip merah pada pinggir kabel menkamukan no:1.

memsang kabel data drive
                memasang kabel data drive
  • Sambungkan kabel dari flopy drive ke slot untuk flopy drive,demikian pula sambungkan kabel dari hard disk ke slot IDE nomor1, dan kabel dari CD ROM ke slot IDE nomor 2.

Perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nomor satu pada tiap slot. Kamu bisa melihat keterangan yang tertulis di motherboard ataupun di manual motherboard.

memasang kabel hardisk
                 memasang kabel hardisk
  • Pasanglah VGA card pada slotnya, bila kamu memiliki card darijenis ISA, kamu harus menempatkan card tersebut pada ISA slotbus di motherboard. Bila kamu memiliki card VGA jenis PCI, kamuharus pasangkan card tersebut pada slot bus PCI di motherboard. Tetapi jika VGA berupa VGA onboard, tinggal mengatur dalam
Memasang VGA
                          Memasang VGA

 

  • Pasang expansion card tambahan pada PCI maupun ISA.Expansion card dapat berupa LAN card sound card , TV tunnercard, video capture dan lain-ain. Setelah itu kencangkan denganbaut dengan dudukan casing PC
  • Hubungkan konektor kabel penghubung tombol “Reset” ke pin”Reset” yang terdapat pada motherboard. Hubungkan pulakonektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speakeryang ada pada motherboard. Sering ditulis dengan kode LS.
    Beberapa cashing telah dilengkapi pula kabel lampu indicator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkan saja ke motherboard.

Memasang kabel power, reset

  • Pasanglah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di card VGA, perhatikan konektornya memiliki 3 deretan kaki yang tersusun rapi, dengan konektor berbentuk trapesium.
  • Pasangkan konektor keyboard ke slot keyboard yang terdapat di Dan perangkat yang lain.

memasang keyboard mouse monitor

  • Pasangkan kabel listrik (power) dari layar monitor ke slot poweryang terdapat di bagian belakang power suply yang telahterpasang pada cashing CPU. Bila konektornya tidak cocok, kamudapat memasang kabel listrik tersebut ke jala-jala listrik rumah Kamu akan membutuhkan T konektor untuk membagi listrikke monitor dan CPU yang kamu rakit. Pasangkan kabel listrik untukCPU ke slot yang terdapat pada power suply di bagian belakangcashing CPU.

memasang stop kontak

Sekarang kamu telah berhasil merakit sebuah Personal Komputer, tetapi kamu belum bisa mempergunakan komputer tersebut. Kamu masih harus mengatur program BIOS, dan memasang (menginstal) program sistem operasi dan program aplikasi ke dalam hard disknya. Sebelum kamu mengatur program BIOS, kamu cek kembali semua langkah yang telah kamu lakukan tadi. Perhatikan posisi “jumper” jangan ada yang salah, demikian pula processor dan RAM serta kabelkabel penghubung hard disk, flopy drive dan CD ROM drive. Setelah kamu yakin benar dan sudah sesuai dengan keterangan yang tercantum dalam manual pabrik dari setiap peralatan tadi. Kamu bisa melakukan pengaturan program BIOS.

About admin

Blog ini lahir 28 November 2017 yang dikelola oleh Admin tunggal. Misi ngeblog hanyalah mengisi waktu luang saja serta minat dan hobby dalam berinternet. Blog ini akan selalu menyajikan informasi seputar seputar Komputer, Tips dan Trik, Android, Internet, Internet Marketing, Bisnis Online dan Berita Terbaru Teknologi di Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *